Berikut ini adalah tutorial untuk memrogram dengan menggunakan OpenGL dan Dev-C++
Pertama yang harus kita lakukan adalah install dulu devc++ nya. Bisa di download di link : http://www.toggle.com/lv/group/view/kl39865/Dev-C%2B%2B.htm
Lalu, download package GLUT di link ini. Akan ada link di tabel download. Setelah di-klik, maka kita bisa men-save package di harddisk komputer.
Pertama buka Dev-C++ . akan tampil seperti :
Setelah package tersedia, dan klik menu Tools - Package Manager
Lalu klik tombol Install yang berada di pojok kiri atas.
Akan muncul window yang meminta file instalasi yang diinginkan. Pilihlah file Glut yang baru saja di-download tadi.
Lalu klik Open.
Setelah itu, akan muncul installation window. Tinggal klik Install dan tunggu hingga instalasi selesai. Lalu, klik Finish.
Setelah itu, akan muncul installation window. Tinggal klik Install dan tunggu hingga instalasi selesai. Lalu, klik Finish.
Package yang baru saja di-install akan muncul di window Package Manager dengan nama glut.
Sampai saat ini, proses instalasi Package Glut telah selesai. Saatnya membuat coding.
Buat Project baru dengan cara klik menu File - New - Project.
Kemudian save dimana tempat yang ingin kalian simpan.
Agar project bisa decompile tambahkan :
-lglut32
-lglu32
-lopengl32
-lwinmm
-lgdi32
caranya pilih project – parameters, kemudian add library or object. Kemudian ok.
Setelah kita buat project baru maka secara otomatis pada layar akan muncul banyak coding yang anda hanya perlu menggantinya pada bagian :
/* OpenGL animation code goes here */
Contoh coding membuat segitiga :
Setelah itu Compile project tersebut, dengan cara Execute >> Compile atau dengan shortcut ‘ctrl + f9)
Setelah project berhasil di compile jalankan program tersebut dengan cara Execute >> Run atau dengan shortcut ‘ctrl + f10’
Maka akan tampil output seperti ini :
Untuk membuat garis, tuliskan coding ini :
Maka akan tampil output seperti ini :
Kemudian untuk membuat persegi, masukkan coding dibawah ini :
Maka akan tampak output seperti ini :
Syntax di atas adalah membuat program dengan nama : coba,, objek segitiga, garis dan persegi, warna gradasi dari tiap sudut.
Penjelasan Syntax :
- glBegin (GL_TRIANGLES);
pada coding diatas untuk menentukan apakah anda ingin membuat segitiga atau garis. Seandainya anda ingin membuat garis hanya perlu mengganti TRIANGLES menjadi LINE dan ubah skala garis yang anda inginkan dan jangan lupa untuk decompile lagi sebelum program dijalankan. - theta += 1.0f;
coding diatas digunakan untuk membuat rotasi pada objek sehingga objek dapat berputar. Jika anda ingin objek untuk tidak berputar maka anda hanya tinggal menhapusnya saja. - glColor3f -> untuk memberikan warna. (Contoh di atas memberikan warna di tiap sudut).
- glVertex2f -> membuat vertex 2D pada sumbu cartesius x,y. Jika ingin membuat objek 3D digunakan glVertex3f.
- glutCreateWindow -> digunakan untuk membuat window dengan nama (terserah programer).
- glClearColor -> digunakan untuk memberi warna dasar window, dengan format R G B A.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar