Sabtu, 16 Oktober 2010

Ingin kuat ingatan ? ciumlah bunga mawar 

Bunga mawar yang romantis ini tidak hanya dipakai untuk menyatakan cinta dan kasih sayang kepada kekasih , tetapi ternyata bunga mawar juga bisa memacu ingatan anda. Sebab aroma bunga mawar terbukti dapat meningkatkan aktivitas memori ingatan di otak. Masih tidak percaya?

Seperti dilaporkan jurnal science, para peneliti dari jerman melakukan percobaan untuk melakukan percobaan untuk membuktikan apakah wewangian tertentu dapat meangsang memori otak kita meski seseorang dalam keadaan tidur.
Untuk itu, John Born dari Universitas Lubeck dan koleganya meminta 74 sukarelawan bermain memasang – masangkan objek di komputer hingga tuntas. Dalam permainan ini, tentu saja mereka diminta untuk menghafal lokasi setiap objek. Saat bermain, sebagian orang menghirup semerbak wangi mawar. Masing – masing kemudian diminta untuk memejamkan mata sampai tidur dengan kepala di dalam tabung MRI (magnetic resonance imaging). Alat pencitra magnetik ini digunakan untuk mengamati aktivitas otak setiap orang selama ia tidur. Selama tidur, Born juga memberikan aroma wewangian mawar kepada beberapa orang.

Di hari berikutnya, mereka di uji lagi dengan permainan yang sama. Ternyata, orang – orang yang saat tidur mencium aroma bunga mawar dapat mengingat posisi oasangan kartu dengan tingkat ketepatan rata – rata hingga 97,2 persen. Sedangkan yang tidak mencium aroma bunga mawar saat tidur hanya dapat mengingat ketepatan 86 persen.
Pemindai MRI juga menampilkan bahwa hippocampus, bagian dari otak yang berperan dalam proses pembelajaran, aktiv saat seseorang tengah tidur mencium aroma mawar.

Waaah hebat ya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar