Kamis, 13 Oktober 2011

Sistem Informasi Manajemen dan peranannya dalam operasional perusahaan

SIM adalah penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yg dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. Kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan pelaksanaan dan pengendalian.

SIM berhubungan dengan pengolahan informasi yang didasarkan oleh komputer (user) yang menghasilkan sebuah informasi. dilihat dari besar kecilnya sebuah organisasi meliputi:

1. Sistem Informasi Keuangan / Akutansi, Yaitu menyediakan informasi tentang keuangan.
2. Sistem informasi Pemasaran (Marketing), Yaitu menyediakan informasi tentang pemasaran sebuah organisasi.

Didalam suatu organisasi, Sistem Informasi Manajemen dipergunakan pada
tiga tingkatan manajemen :
 
1. Manajemen tingkat bawah, Sistem Informasi Manajemen dipergunakan untuk keperluan pengendalian operasional. Pada tingkatan ini SIM dipergunakan dengan tujuan untuk penghematan disegala bidang yang mungkin untuk dilakukan. Contohnya pencetakan rekening listrik oleh PLN. Penerapan SIM dalam hal ini akan menghasilkan penghematan baik waktu maupun tenaga kerja.

2. Tingkatan manajemen menengah, penerapan SIM dipergunakan untuk keperluan pengendalian manajemen. Tugas seorang manajer menengah ialah mengelola semua sumberdaya milik organisasi agar benar-benar dipergunakan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh manajemen puncak oleh semua personilnya secara efektif dan efisien. Untuk dapat melaksanakan tugas seperti ini manajer harus mempunyai segala macam informasi tentang segala kegiatan organisasi dalam operasinya sehari-hari. Dalam hal inilah SIM dapat berperanan secara nyata untuk membantu manajer. Hal ini disebabkan karena komputer mempunyai kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar data dengan mudah, dan menggali informasi yang terkandung didalamnya secara cepat.
 
3. Manajemen tingkat puncak, yang tugas utamanya adalah untuk membuat perencanaan yang strategis.

Sistem informasi pada suatu organisasi berada didalam suatu departemen tersendiri, departemen sistem informasi/departemen pengolahan elektronik (Electronic Data Processing)
– Manajer SI / controller
- Manajer kantor (office manager)
- Bendaharawan (treasurer)
- Asisten bendaharawan (assistant treasure)
- Sekretaris (secretary)
- Manajer perencanaan / pengendalian (manger of planning and controls)
- Direktur keuangan (vice-president finance)

Sekian dengan singkat peranan SIM dalam sebuah perusahaan dengan harapan kemajuan perusahaan dapat terus berkembang yang akan berdampak pada kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

peranan SIM dalam operasional perusahaan

Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi . sistem informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi.  

Peran sistem informasi manajemen untuk mencapai keunggulan strategis dapat dicontohkan pada suatu perusahaan yang mutuskan untuk mengubah seluruh datanya menjadi basis data dengan alat penghubung standar (seperti alat penghubung browser web) sehingga memungkinkan berbagi informasi dengan para sekutu-sekutu bisnis dan pelanggannnya. Basis data yang terstandarisasi dan dapat diakses melalui browser web mencerminkan pergeseran posisi perusahaan secara strategis.
 
       Persaingan merupakan kunci penentu keberhasilan sebuah organisasi bisnis. Strategi persaingan yang diterapkan oleh bisnis/industri mampu memberikan keunggulan organisasi, dengan memperhatikan faktor biaya, mutu dan kecepatan proses. Keunggulan kompetitif akan membawa organisasi pada kemampuan mengendalikan pasar dan meraih keuntungan usaha. Strategi bisnis menjadi pusat yang mengendalikan strategi organisasi dan strategi informasi. Perubahan pada salah satu strategi membutuhkan penyesuaian, agar tetap setimbang.
 
       Hubungan antara strategi kompetitif perusahaan dan manfaat penggunaan sistem informasi dikembangkan melalui beberapa lapisan, mulai dari perencanaan, analisa dan perancangan. Sejalan dengan semakin luasnya pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan bisnis, maka pemisahan antara teknologi informasi dan strategi kompetitif perusahaan semakin tidak terlihat. Hal ini karena seluruh strategi kompetitif perusahaan harus memiliki teknologi informasi.
 
Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para kompetitor memiliki sumberdaya teknologi yang sama dan memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan mapun pengurangan biaya. Selain itu, strategi perusahaan berbasis sistem informasi digunakan untuk mencegah terjadinya kelebihan atau kekurangan investasi serta menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.

Senin, 10 Oktober 2011

Membuat program sederhana open gl menggunakan devc++

Berikut ini adalah tutorial untuk memrogram dengan menggunakan OpenGL dan Dev-C++

Pertama yang harus kita lakukan adalah install dulu devc++ nya. Bisa di download di link : http://www.toggle.com/lv/group/view/kl39865/Dev-C%2B%2B.htm
Lalu, download package GLUT di link ini. Akan ada link di tabel download. Setelah di-klik, maka kita bisa men-save package di harddisk komputer.





Pertama buka Dev-C++ . akan tampil seperti :


Setelah package tersedia, dan klik menu Tools - Package Manager



Lalu klik tombol Install yang berada di pojok kiri atas. 




Akan muncul window yang meminta file instalasi yang diinginkan. Pilihlah file Glut yang baru saja di-download tadi.




Lalu klik Open.

Setelah itu, akan muncul installation window. Tinggal klik Install dan tunggu hingga instalasi selesai. Lalu, klik Finish.
Package yang baru saja di-install akan muncul di window Package Manager dengan nama glut.


Sampai saat ini, proses instalasi Package Glut telah selesai. Saatnya membuat coding.

Buat Project baru dengan cara klik menu File - New - Project.



setelah itu pilih multimedia – kemudian openGL.



Kemudian save dimana tempat yang ingin kalian simpan.



  project telah dibuka maka secara otomatis akan tampil seperti ini :

 

Agar project bisa decompile tambahkan :
      -lglut32
      -lglu32
      -lopengl32
      -lwinmm
      -lgdi32
   caranya pilih project – parameters, kemudian add library or object. Kemudian ok.




 

Setelah kita buat project baru maka secara otomatis pada layar akan muncul banyak coding yang anda hanya perlu menggantinya pada bagian :

/* OpenGL animation code goes here */




Contoh coding membuat segitiga :




 
Setelah itu Compile project tersebut, dengan cara Execute >> Compile atau dengan shortcut ‘ctrl + f9)



Setelah project berhasil di compile jalankan program tersebut dengan cara Execute >> Run atau dengan shortcut ‘ctrl + f10’

Maka akan tampil output seperti ini : 




Untuk membuat garis, tuliskan coding ini : 

Maka akan tampil output seperti ini :


Kemudian untuk membuat persegi, masukkan coding dibawah ini :


 

Maka akan tampak output seperti ini :





Syntax di atas adalah membuat program dengan nama : coba,, objek segitiga, garis dan  persegi, warna gradasi dari tiap sudut.
Penjelasan Syntax :
-        glBegin (GL_TRIANGLES);
pada coding diatas untuk menentukan apakah anda ingin membuat segitiga atau garis. Seandainya anda ingin membuat garis hanya perlu mengganti TRIANGLES menjadi LINE dan ubah skala garis yang anda inginkan dan jangan lupa untuk decompile lagi sebelum program dijalankan.


-        theta += 1.0f;
coding diatas digunakan untuk membuat rotasi pada objek sehingga objek dapat berputar. Jika anda ingin objek untuk tidak berputar maka anda hanya tinggal menhapusnya saja.

- glColor3f -> untuk memberikan warna. (Contoh di atas memberikan warna di tiap sudut).
- glVertex2f -> membuat vertex 2D pada sumbu cartesius x,y. Jika ingin membuat objek 3D digunakan glVertex3f.
- glutCreateWindow -> digunakan untuk membuat window dengan nama (terserah programer).
- glClearColor -> digunakan untuk memberi warna dasar window, dengan format R G B A.























Senin, 03 Oktober 2011

Besok, Aktor Korea Hyun Bin Tiba di Indonesia


 
 
Aktor Korea Selatan yang tengah naik daun, Hyun Bin dipastikan akan mengunjungi Indonesia pada 4 Oktober 2011. Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal TNI Hartind Asrin, Hyun Bin datang sebagai Duta Industri Pertahanan Korea untuk Indonesia.
 
Seperti diketahui, bintang serial 'Secret Garden' tersebut tengah menjalani wajib milter (wamil). "Hyun Bin akan tiba pada 4 Oktober malam," kata Brigjen TNI Hartind Asrin saat dihubungi VIVAnews.com, Senin, 3 Oktober 2011.

Brigjen TNI Hartind Asrin mengungkapkan, Hyun Bin akan berada di Indonesia selama empat hari, mulai 4 Oktober hingga 7 Oktober 2011. Pada 5 Oktober 2011, Hyun Bin dijadwalkan menghadiri upacara HUT TNI ke-66 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

"Dia akan hadir dalam upacara di Cilangkap. Kedatangannya dalam rangka meningkatkan hubungan antara Korea Selatan dan Indonesia," ungkapnya.
Keesokan harinya, pada 6 Oktober 2011, bintang serial drama 'The World That They Live In' tersebut dijadwalkan mengunjungi Markas Komando Korps Marinir Cilandak, Jakarta Selatan.
"Di sana dia akan bergabung dengan marinir Indonesia. Salah satu acaranya adalah bernyanyi bersama," ujarnya
 
 
 
sumber : vivanews.com

Hyun Bin Datang ke Indonesia?



 
 
Aktor Korea Selatan yang tengah naik daun, Hyun Bin, santer diberitakan akan datang ke Indonesia. Pria yang bermain dalam serial drama 'Secret Garden' ini dikabarkan akan datang ke Jakarta dalam rangka acara Korea-Indonesia Week 2011.
 
Menanggapi spekulasi ini, pihak Korea Tourism Organization (KTO) di Indonesia selaku salah satu pihak penyelenggara langsung membantah kabar tersebut. Melalui akun resmi mereka di Twitter, KTO Indonesia menjelaskan, belum ada konfirmasi mengenai kedatangan Hyun Bin dalam acara Korea-Indonesia Week yang akan digelar di Mal Gandaria City, Jakarta, pada 28 September - 3 Oktober 2011 mendatang.

"Hi Tweeps, mencegah kesimpangsiuran dan ketidakjelasan berita yang beredar, belum ada konfirmasi bahwa Hyun Bin akan datang. Begitu juga dengan Kangin Super Junior," tulis KTO Indonesia pada Selasa, 20 September 2011.

Adapun selebritas Korea Selatan yang sudah dipastikan hadir dalam Korea-Indonesia Week 2011 antara lain Lee Joon Ki, Lee Dong Gun, dan personel grup musik Shinhwa, Andy. Tiga pria yang tengah menjalani wajib militer (wamil) itu akan datang ke Indonesia dalam rangka kerjasama government to government, bukan sebagai selebritas,
"Yang sudah konfirmasi datang adalah Lee Joon Ki, Lee Dong Gun, Andy- Shinhwa, Park Hyo Shin, Jung Jae Ill dan Misra Jin."
 
 
 
sumber : VIVAnews

Minggu, 02 Oktober 2011

Baru Reda, Filipina Kembali DIhantam Topan



Belum sempat bernafas lega setelah dihantam badai Nesat, warga Filipina kembali harus diresahkan dengan badai Nalgae yang juga menyebabkan banjir dan longsor. Sejauh ini, dilaporkan seorang tewas dan seorang lainnya terluka akibat tanah longsor.


Badan penanggulangan bencana Filipina, sebagaimana dikabarkan CNN, Minggu 2 Oktober 2011, mengatakan badai Nalgae yang berkecepatan 130 km per jam pertama kali menghantam Kota Dinapigue, Provinsi Isabela pada Sabtu 1 Oktober 2011. Diperkirakan, badai akan berembus ke arah timur hari ini.

Nalgae atau di Filipina disebut Quiel ini menyebabkan hujan lebat 15-25 milimeter per jam. Akibat banjir, beberapa jalan di kota Calasiao dan Dagupan di pulau Luzon tidak dapat dilalui. Sedikitnya 850 keluarga yang terdiri dari 3.000 orang di provinsi La Union dan Pangasinan terkena dampak langsung banjir dan longsor.

Mereka dilaporkan telah diungsikan ke tempat aman. Bagi warga yang tinggal di dataran rendah, pemerintah Filipina menghimbau untuk segera mengungsi. Seorang lelaki berusia 35 tahun tewas akibat longsor, sementara itu wanita berusia 22 tahun terluka.

Badai ini adalah yang kedua dalam satu minggu setelah Topan Nesat memporak-porandakan Filipina. Akibat Nesat, sedikitnya 34 provinsi mengalami kerusakan parah, 52 orang dilaporkan tewas. Sebanyak tiga juta rakyat Filipina terkena imbas dari topan ini.
 
 
 
 
sumber : vivanews.com

Demi Yahudi, Inggris Pasang Lampu Otomatis

 Pemerintah kota London, Inggris, akan mengganti sistem lampu penyeberangan mereka menjadi otomatis. Langkah ini dilakukan agar para penganut Yahudi tidak melanggar peraturan hari Sabat karena memencet tombol penyeberangan.

Dilansir laman Daily Mail, Sabtu 1 Oktober 2011, lampu penyeberangan bergambar lelaki berjalan berwarna hijau akan otomatis menyala setiap 90 detik sekali pada Jumat malam sampai Sabtu malam. Hal ini memungkinkan para penganut Yahudi Ortodoks yang pulang dari sinagog dapat menyeberang jalan tanpa perlu memencet tombol, yang notabene merupakan perangkat elektronik.

Menyalakan listrik adalah salah satu pantangan di hari Sabat. Pada hari ini, umat Yahudi dilarang melakukan pekerjaan dan melakukan aktivitas apapun. Menggunakan alat listrik memungkinkan seseorang melakukan suatu pekerjaan, hal ini dilarang dalam kepercayaan Yahudi.
Lampu penyeberangan otomatis yang akan di pasang di salah satu jalan tersibuk London, North Circular, di persimpangan Henlys Corner ini akan mulai beroperasi pada Desember tahun ini. Langkah ini diambil oleh pemerintah kota London setelah mendapatkan protes dari para pemimpin Serikat Sinagog Finchley.

Mereka melayangkan surat kepada Departemen Transportasi London memrotes rencana pembaruan transportasi yang tidak mengakomodir kaum Yahudi. Mereka meminta agar lampu penyeberangan tidak lagi perlu dipencet tombolnya, melainkan menyala dengan sendirinya.

"Kami selalu melakukan konsultasi dengan komunitas masyarakat mengenai proyek jalan raya. Ide ini disampaikan oleh sinagog, kami memikirkannya dan membuatnya," kata juru bicara Departemen Transportasi London
 
 
 
sumber : vivanews.com

Myanmar Dilarang Tampil di Piala Dunia 2018




FIFA memberikan hukuman Myanmar dengan larangan tampil di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018. Ini adalah buntut dari kerusuhan yang dilakukan suporter Myanmar saat Kualifikasi Piala Dunia 2014 leg kedua melawan Oman, di Stadion Thuwunna, Kamis 28 Juli 2011.

Pertandingan tersebut harus terhenti pada menit ke-39. Keputusan wasit Ryuji Sato yang memberi penalti tidak bisa diterima suporter Myanmar. Mereka pun mulai melempar batu dan botol ke arah wasit. Pemain kemudian dievakuasi ke ruang ganti. 

Saat itu Myanmar dalam posisi tertinggal 0-2, setelah dalam leg pertama di Oman juga takluk dengan skor yang sama. Oman akhirnya diputuskan melaju ke babak selanjutnya tanpa harus melanjutkan pertandingan.

Seperti dilansir situs resmi FIFA, selain larangan tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2018, FIFA juga mengharuskan Federasi Sepakbola Myanmar membayar denda sebesar 25.000 franc Swiss atau Rp244 juta. Denda sebesar itu harus ditanggung sepenuhnya oleh Federasi Sepakbola Myanmar.


sumber : vivanews.com

Chelsea sudah unggul saat pertandingan baru berjalan dua menit.

Babak I, Chelsea Bombardir Bolton 4 Gol


Chelsea untuk sementara unggul 4-0 atas Bolton Wanderers pada lanjutan Premier League, Minggu, 2 Oktober 2011. Empat gol The Blues di babak I dicetak oleh Daniel Sturridge dan Frank Lampard, masing-masing dua gol.

Bertandang ke Stadion Reebok, John Terry cs langsung menggebrak di awal babak pertama. Hasilnya baru dua menit pertandingan berjalan, Daniel Sturridge sudah berhasil membobol gawang tuan rumah yang dikawal Adam Bogdan.

Sturridge yang tidak terkawal berhasil menyambut umpan sepak pojok Frank Lampard. Dengan tandukan yang meyakinkan, Sturridge berhasil memerdayai Bogdan.

Pada menit ke-14, Chelsea kembali membobol gawang Bolton melalui sontekan Lampard. Gol kedua Chelsea tercipta karena lemahnya lini pertahanan Bolton dalam menjaga pergerakan pemain Chelsea. Hal itu terlihat bagaimana dengan bebasnya Lampard di kotak penalti Bolton menyontek umpan yang diberikan Sturridge hingga berbuah gol.

Unggul dua gol, tak membuat Chelsea mengendurkan serangan. Sebaliknya, The Blues justru semakin agresif dalam menekan tuan rumah. Situasi ini cukup merepotkan barisan pertahanan Bolton yang hingga saat ini masih berada di dasar klasemen sementara Premier League.

Pada menit ke-25, Chelsea kembali memperlebar keunggulan melalui tendangan keras Sturridge. Terciptanya gol tersebut sebenarnya lebih dikarenakan blunder yang dilakukan kiper Bolton, Adam Bogdan yang kurang sempurna menepis bola yang meluncur deras ke arahnya.

Satu menit berselang, Bogdan kembali melakukan blunder yang dimanfaatkan Frank Lampard hingga berbuah gol keempat bagi The Blues. Terciptanya gol bermula saat Luiz melakukan tendangan keras spekulasi ke gawang Bolton dari luar kotak penalti. Bogdan yang kurang sempurna menangkap bola, terpaksa harus gigit jari kala Lampard kembali merobek jala yang dijaganya. Chelsea unggul 4-0.

Unggul empat gol, membuat Chelsea sempat menurunkan tensi permainan. Namun, Bolton masih cukup kesulitan membongkar lini pertahanan Chelsea yang dikomandani John Terry cs. Hingga babak pertama berakhir, Chelsea unggul 4-0.


Susunan Pemain
Bolton Wanderers: Adam Bogdan, Dedryck Boyata, Gary Cahill, Paul Robinson, Gretar Rafn Steinsson, Nigel Reo-Coker, Ricardo Gardner, Darren Pratley, Martin Petrov, David Ngog, Kevin Davies

Chelsea: Petr Cech, John Terry, David Luiz, Ashley Cole, José Bosingwa, Raul Meireles, Frank Lampard, Ramires, Juan Mata, Didier Drogba, Daniel Sturridge


sumber : vivanews.com

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN PADA ERA GLOBALISASI

Tidak dapat dihindari bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi internet, electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan lain sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara.
 Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik.Tidak berlebihan jika salah satu pakar IBM menganalogikannya dengan perkembangan otomotif sebagai berikut: “seandainya dunia otomotif mengalami kemajuan sepesat teknologi informasi, saat ini telah dapat diproduksi sebuah mobil berbahan bakar solar, yang dapat dipacu hingga kecepatan maximum 10,000 km/jam, dengan harga beli hanya sekitar 1 dolar Amerika !”. Secara mikro, ada hal cukup menarik untuk dipelajari, yaitu bagaimana evolusi perkembangan teknologi informasi yang ada secara signifikan mempengaruhi persaingan antara perusahaan-perusahaan di dunia, khususnya yang bergerak di bidang jasa. 
Secara garis besar, ada empat periode atau era perkembangan sistem informasi, yang dimulai dari pertama kali diketemukannya komputer hingga saat ini. Keempat era tersebut (Cash et.al., 1992) terjadi tidak hanya karena dipicu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern. Ahli-ahli manajemen dan organisasi seperti Peter Drucker, Michael Hammer, Porter, sangat mewarnai pandangan manajemen terhadap teknologi informasi di era modern. 
Oleh karena itu dapat dimengerti, bahwa masih banyak perusahaan terutama di negara berkembang (dunia ketiga), yang masih sulit mengadaptasikan teori-teori baru mengenai manajemen, organisasi, maupun teknologi informasi karena masih melekatnya faktor-faktor budaya lokal atau setempat yang mempengaruhi behavior sumber daya manusianya. Sehingga tidaklah heran jika masih sering ditemui perusahaan dengan peralatan komputer yang tercanggih, namun masih dipergunakan sebagai alat-alat administratif yang notabene merupakan era penggunaan komputer pertama di dunia pada awal tahun 1960-an.

-        Konsep manajemen informasi dalam perusahaan

Bagi banyak orang, kantor merupakan tempat korespondensi, persiapan formulir dan laporan, penyimpanan data, dan berkas oleh juru ketik, sekretaris, arsiparis, petugas pemberkasan, operator mesin, supervisor dan manajer. Latar di atas sering melibatkan produk fisik – surat, memorandum, dan laporan yang ditulis; pernyataan dan nota yang disiapkan; catatan dan rekaman; lemari berkas yang berisi salinan arsip. Kantor ini ada wujudnya, tapi bagi mahasiswa manajemen perkantoran administratif, ini merupakan gambaran umum sebuah kantor.

Berbeda dengan kantor dulu, dunia kantor sekarang terus berkembang. Latarnya lebih luas, tergantung pada sistem mesin elektronik yang mempengaruhi organisasi. Dunia kantor baru, tidak menekankan pada data atau formulir, tapi pada informasi. Bukan pada mesin, tapi pada sistem dimana mesin dan pegawai berfungsi.

Manajemen kantor administratif, mirip dengan manajemen informasi, menjadi bidang kerja dinamis yang terdiri dari sistem administrasi, proses data, reprografis, proses kata, manajemen data, telekomunikasi dan mikrografis. Perubahan yang membawa pandangan baru dunia kantor memberi spesialisasi untuk banyak pekerja dan perlunya manajer kantor administrasi yang memiliki pengetahuan yang luas.

-        Konsep keunggulan kompetitif dalm operasional perusahaan

Dalam mengimplementasikan konsep e-business, terlihat jelas bahwa meraih keunggulan kompetitif (competitive advantage) jauh lebih mudah dibandingkan mempertahankannya.
Perusahaan yang menggunakan strategi ini membangun keunggulan kompetitif dengan terus-menerus menciptakan produk atau layanan yang paling canggih, paling baik, paling inovatif.
Manajemen puncak, manajer madya dan karyawan perlu memahami implikasi setiap strategi. Perbedaan tema strategi membutuhkan seperangkat indikator keberhasilan (key performance indicator – KPI) yang berbeda pula. Menjalankan bisnis seperrti biasa, akan mendapatkan hasil yang biasa-biasa. Menjalankan bisnis dengan luar biasa, dengan disiplin eksekusi strategi, akan memberikan hasil yang lebih baik.

Beberapa teori keunggulan kompetitif di dunia maya menganjurkan agar paling tidak 7 (tujuh) aspek harus menjadi perhatian dari sebuah perusahaan, yaitu masing-masing:

1. Customer Service
2. Price
3. Quality
4. Fulfillment Time
5. Agility
6. Time to Market
7. Market Reach

keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin nilai. Pertama, operasional prima (operational excellence). Perusahaan yang menggunakan strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien pada setiap proses bisnis yang menghasilkan kualitas jasa dan barang sesuai harapan pelanggan. Kedua, keakraban dengan pelanggan (customer intimacy). Perusahaan yang menggunakan strategi ini mempertahankan bisnis dengan menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan dan harapan pelanggan melebihi rata-rata kompetitor. Ketiga, produk atau layanan yang senantiasa inovatif dan terdepan (product leadership).

-        Strategic Uses of Information Technology

Sebelum Teknologi Informasi diterapkan pihak pengambil keputusan harus yakin dan dapat meyakinkan semua pihak terutama para pustakawan bahwa Teknologi Informasi ini akan membawa PNRI lebih baik dan menguntungkan semua stakeholder-nya. Untuk mendapatkan keyakinan tersebut maka harus disusun strategi jitu untuk pengimplementasian Teknologi Informasi yang diharapkan bisa menjamin manfaat TI yang diperoleh akan sebanding dengan investasi yang ditanam, dan mengatasi permasalahan pertumbuhan teknologi yang sangat cepat. 
Di atas itu semua strategi Teknologi Informasi ini tentunya harus sejalan dengan strategi organisasi PNRI. Beberapa alasan kenapa perencanaan strategis harus dibuat, yang pertama adalah karena sumber daya yang dimiliki organisasi sangat terbatas, sehingga harus digunakan seoptimal mungkin. 
Kedua, untuk meningkatkan daya saing atau kinerja organisasi, karena para kompetitor memiliki sumber daya teknologi yang sama dan pembedanya nanti adalah siapa yang memiliki eksekusi terbaik. Alasan
ketiga adalah untuk memastikan bahwa aset TI dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan profitabilitas organisasi, baik berupa peningkatan pendapatan (revenue) maupun pengurangan biaya-biaya (costs).
Keempat adalah untuk mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau kekurangan investasi (under investment) di bidang TI.
Dan alasan terakhir adalah untuk menjamin bahwa TI yang direncanakan dan dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis organisasi. Tidak semua produk TI tergolong baik, dari sekian banyak produk yang ditawarkan, lebih banyak yang gagal daripada yang berhasil.
Sebab itu pada tahap persiapan dan perencanaan, akan dianalisa dan diusulkan beberapa skenario atau pilihan (options), dimana setiap skenario memiliki variabelnya masing-masing seperti biaya (costs), manfaat (benefits), resiko (risks), dampak (impacts), tingkat kesulitan (complexity), hambatan (constraints), dan hal-hal terkait lainnya.
Para pengambil keputusan juga harus mempelajari arah dan perkembangan TI secara global agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan teknologi yang diterapkan dan dikembangkan di organisasi. Maka harus dilakukan pemilahan terhadap teknologi mana saja yang masih dalam tahap percobaan atau perkenalan (infancy/emerging), perkembangan (growth), stabil (mature), dan mulai ditinggalkan (facing out).
Tentunya dalam pembuatan sistem jangka panjang dan perencanaan harus diperhatikan agar jangan sampai menggunakan metode atau teknologi yang sudah mengarah ke teknologi basi (facing out). Salah satu metode yang bagus adalah dengan melakukan penelitian terhadap penerapan Teknologi Informasi di perpustakaan-perpustakaan nasional di negara-negara lain, sehingga menjadi acuan bagi PNRI. Namun harus diingat bahwa suatu sistem yang berhasil di tempat lain belum tentu sesuai dan berhasil di tempat kita, karena tentunya ada beberapa kondisi dan karakteristik yang berbeda sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda pula.
 Salah satu dari unsur Teknologi Informasi tersebut adalah brainware, yang merupakan unsur paling kritikal melebihi unsur lainnya (software dan hardware). Jika diibaratkan hardware dan software adalah senjatanya, maka penentu utamanya tetap adalah man behind the gun yaitu dalam hal ini brainware. Manusia (brainware) yang akan mengimplementasikan sistem informasi yang dibangun, mengembangkan TI sejalan dengan perkembangan organisasi di masa mendatang, serta penentu srategi kebijakan TI itu sendiri.
Oleh karena itu untuk tahap awal perlunya kita mengarahkan perhatian pada pembenahan faktor brainware dalam memulai penerapan TI di PNRI, sambil secara paralel melakukan persiapan dan perancangan sistem yang matang. Kemudian sektor SDM pun harus didukung, dan digabungkan dengan Teknologi informasi.
-        Membangun Customer Focused Bisnis

Customer Focused Bisnis sangat diperlukan dalam membangun organisasi bisnis baru, sehingga para customer akan focus pada satu titik. Pertama pemasaran dan penjualan. Seringkali usaha baru bangkrut karena divisi pemasaran dan penjualannya loyo. Banyak yang merasa mampu membuat solusi multimedia dan informatika membuat usaha baru namun setahun kemudian tutup karena tidak dapat proyek. Tugas divisi ini adalah melakukan riset pasar, promosi, mencari prospek klien, melakukan presentasi sampai dapat menghasilkan proyek untuk perusahaan.
Kedua produksi. proses produksi di bidang ini sehingga dapat membuat struktur organisasi yang tepat. setiap proyek dikelola oleh Manajer Proyek yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan proyek. Manajer Proyek ini sifatnya temporer: ada ketika ada pekerjaan, sehingga tidak perlu ada di struktur organisasi. Namun dalam pekerjaannya Manajer Proyek membawahi seluruh tim produksi seperti desainer dan programmer sekaligus menjadi penghubung ke klien.
Ketiga Administrasi dan Keuangan. Divisi ini bertanggung jawab terhadap masalah legal, administrasi, pembuatan invoice, penagihan, pembayaran dan tetek bengek keuangan termasuk mengatur cash flow dan membayar gaji karyawan.
Ketiga divisi itu cukup dipegang oleh masing-masing satu orang. Direksi saya kira cukup satu saja. Demikian pula komisaris.
Perusahaan baru sebaiknya cukup mengkonsentrasikan pada tiga fungsi dasar tersebut. Bersamaan dengan pertumbuhan perusahaan, jika dirasa perlu melakulan reorganisasi, lakukan saja. Ingat: sa;ah satu daya hidup perusahaan kecil ada pada fleksibilitas organisasinya. Oleh karena itu, manfaatkan daya hidup ini sebaik mungkin.

-        Value Chain & Strategic Information System 
                     
untuk lebih memahami kegiatan melalui suatu perusahaan yang mengembangkan keunggulan kompetitif dan menciptakan nilai pemegang saham berguna untuk memisahkan system bisnis  menjadi serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai di sebut sebagai value chain.
1985 dalam buku  competitive advantage,Michael porter memperkenalkan model value chain generic yang umunya untuk berbagai perusahaan.
-        Re-engineering Bussiness Process

Dalam ilmu computer dan manajemen suatu pendekatan yang bertujuan perbaikan dengan cara menaikan efisiensi dan efektivitas dari proses bisnis yang ada di dalam dan seluruh organiasi. Kunci untuk bagi organisasi untuk melihat proses bisnis mereka dari yang bersih persepektif dan menentukan bagaimana mereka dapat membuat proses ini yang terbaik untuk meningkatkan cara mereka menjalankan bisnis

-        Menciptakan Virtual Company

Menciptakan Virtual Company yaitu menciptakan produk atau softwere sendiri untuk mendukung suatu perusahaan.
  • Membantu Untuk membangun sebuah Virtual Company, ada  beberapa komponen yang dapat digunakan [11] , diantaranya :
  • Email
  • Hampir semua company menggunakan email dalam proses komunikasi, kapanpun dan dimanapun.
  • Sistem yang otomatis dan mudah digunakan
  • Menggunakan suatu apikasi sistem informasi yang bekerja secara otomatis untuk menggantikan pegawai  secara langsung, dengan demikian waktu yang digunakan lebih efisien.
  • Digital company
  • Membuat elektronik company secara on-line.dengan system online , pegawai dapat bekerja kapanpun dan dimanapun.
  • Monitoring
  • Mempermudah memonitor apikasi situs web
  • Infrastruktur
  • Sarana infrastruktur akan dibutuhkan untuk menjalankan konsep sebuah VC.
  • Motivasi
  • Memotivasai user agar on-line
  • user-friendly

-        Membangun Knowledge Creating Company

Membangun Knowledge Creating Company dibutuhkan poin-poin penting yaitu :

1.   Important knowledge in Company :

- Cara menghadapi persaingan global.
- Cara menjaga kepuasan pelanggan.
- Cara mengantisipasi dinamika persaingannya secara tepat melalui pengembangan virtual Lego Factory.
- Cara menghadapi arena persaiangan dengan film-film yang sedang beredar dengan kualitas box-office, misalnya Star Wars dan Harry Potter.
- Melaksanakan program restrukturisasi yang terdiri dari downsizing dan downscoping.
2. Cross cultural interfaces & Knowledge domain :

- Lego Group mengirimkan produknya kepada retail-retail kecil yang terdapat di dalam database Lego Group sejak tahun 1950.
- Penjualan saham Legoland (Taman Bermain Lego) kepada Blackstone senilai US$450 juta dan penglepasan aset non-produktif di AS, Korea Selatan, dan Australia merupakan bentuk divestasi Lego dalam kaitannya dengan program turn around. Divestasi ini menghasilkan efektivitas dan efisiensi perusahaan yang secara langsung meningkatkan kinerja Lego.