Minggu, 27 Februari 2011

tugas 2K

1. apa yang saudara ketahui tentang efisiensi ?
jawab : 
efesiensi adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan sumber - sumber waktu.

2. ada syarat - syarat dalam pencapaian efisiensi, sebutkan dan jelaskan syarat-syarat yang dimaksud !
jawab :
* berhasil guna (efektif)
kegiatan telah dilaksanakan dengan tepat dalam arti target tercapai sesuai dengan waktu yang ditetapkan tanpa mengabaikan kualitas.

* ekonomis
dalm usaha pencapaian efektif maka biaya, tenaga kerja, materai, peralatan, waktu ruangan dll telah digunakan dengan tepat sesuai dengan perencanaan sehingga tidak terjadi pemborosan, penyelewengan dan korupsi.

* pelaksanaan kerja yang dapat dipertanggungjawabkan.
untuk membuktikan bahwa dalam pelaksanaan kerja benar - benar dibuat seobjektif mungkin mencerminkan fakta sesungguhnya dengan membuat report - report sebagai bukti pengeluaran - pengeluaran yang telah dilakukan.

* pembagian kerja yang nyata
dalam pembagian kerja harus disesuaikan dengan kemampuan masing - masing individu yaitu benar- benar berdasarkan beban kerja, ukuran kemampuan kerja, dan waktu yang tersedia.

* rasionalitas wewenang dan tanggung jawab
antara wewenang dan tanggung jawab harus terjadi keseimbangan, jangan sampai wewenang lebih besar atau sebaliknya.

* prosedur kerja yang praktis
untuk menegaskan bahwa O&M merupakan kegiatan yang praktis, maka target efektif dan ekonomis, pelaksanaan kerja dapat dipertanggungjawabkan serta pelayanan kerja yang memuaskan haruslah merupakan kegiatan - kegiatan yang operasional yang dapat dilaksanakan dengan lancar dan tidak hanya berhenti sebagai konsep - konsep teoritis di atas kertas saja O&M menunjukan kegiatan ilmiah dan praktis yang urutan tahap demi tahapmencerminkan asal pekerjaan, kemana akan diteruskan dan kapan selesainya.

3. bagaimana cara - cara untuk meningkatkan efisiensi ?
jawab :
- pelaksanaan efesiensi dengan tepat
- pemanfaatan sumber - sumber dengan tepat pula
- pelaksanaan fungsi - fungsi organisasi sebagai alat mencapai tujuan
- pengarahan & dinamika organisasi untuk pengembangan 
- kemajuan yang berkesinambungan

4. sebutkan kegiatan - kegiatan yang termasuk ruang lingkup atau scope dalam O&M !
jawab :

- analisis organisasi
- komunikasi dalam organisasi
- tata kerja, prosedur dan sistem kerja
- pentingnya filing
- penyimpanan data dan dokumen
- formulir
- pendayanaan mesin kantor dan pealatan
- penyusunan tata ruang dan perencanaanya
- penulisan laporan
- penyusunan buku pedoman kerja
- penyusunan anggaran belanja
- analisis kepegawaian

5. menurut saudara apa yang telah dilakukan perusahaan NOKIA di Indonesia efektif atau belum dalam menghadapi persaingan brand lokal dan brand - brand terkenal seperti sony ericsson, samsung, LG, I-phone, blackberry. jelaskan pendapat saudara !
jawab :

menurut saya NOKIA adalah suatu perusahaan yang sangat mengagumkan atas produk - produknya. akan tetapi sekarang - sekarang ini masih dibilang kurang efektif, karena fasilitasnya yang terbilang masih kurang, terutama kalu dibandingkan dengan balckberry yang bisa BBM. terlebih dengan maraknya handphone - handphone Cina yang tidak kalah menarik dan harganya pun cukup terjangkau.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar