Senin, 14 Maret 2011

RAKSASA ABAD KE-21



Berbicara mengenai kekuatan ekonomi saat ini sudah pasti na “China” yang ada diurutan pertama. Bagaimana tidak, China yang dipimpin oleh Partai Komunis bisa membangun ekonominya sepesat ini dalam waktu 2 dekade terakhir. Dari segi ekonominya saja, dengan perlahan tapi pasti China berhasil menggeser Jepang, Jerman dan negara Uni Eropa lainnya untuk memduduki peringkat kedua setelah Amerika Serikat. 

Pertumbuhan China memang membuat dunia tercengang. Pendapatan perkapita China termasuk yang sangat besar di dunia. Yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana denagn jumlah penduduk yang lebih dari 1,3 miliar China berhasil menjadi negara adidaya tanpa kesulitan mengontrol rakyat yang sedemikian besar.

China memang patut diacungi jempol, perubahan besar – besaran di biang militer pun menggetarkan kawasan Asia Pasifik bahkan Jepang pun merasa terusik. Tak terkecuali Taiwan yang memang menjadi musuh China saat ini. 



Kehebatan China belum berhenti disitu saja, belum lama China berhasil uji coba pesawat tempur siluman J-20 yang diklaim dapat menandingi buatan Amerika. Hal ini benar – benar sangat luar biasa, partai komunis bisa membangun negara hingga sedemikian rupa. Jika diteliti lebih lanjut faktor kedisplinan dalam bekerja, keuletan serta kesabaran membuat China menjadi raksasa abad ini. Tak salah memang jika ada pepatah yang mengatakan “tuntutlah ilmu sampai ke negri China” karena pada kenyataannya kita memang harus belajar lebih banyak kepada China.

patutkah kita mencontoh china ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar