Selasa, 29 Maret 2011

sepuluh keistimewaan ilmu dibandingkan harta

orang - orang khawarij pernah menguji kecerdasan ali bin abi thalib dengan mengajukan sepuluh orang untuk bertanya satu pertanyaan yang harus dijawab Ali r.a, dengan jawaban yang berbeda. pertanyaan mereka adalah, "wahai Ali, istimewa manakah antara ilmu dan harta ?" berikut adalah jawaban sahabat yang dijuluki Nabi saw sebagai "gerbang ilmu" itu :

1. ilmu lebih istimewa dari pada harta. sebab, ilmu adalah warisan para nabi, sedangkan harta adalah warisan Qaru, harman, dan Fir'aun.
 
2. ilmu lebih istimewa dari pada harta, sebab ilmu selalu menjagau, sedangkan engkau harus menjaga harta milikmu.

3. ilmu lebih istimewa dari pada harta. sebab, orang berilmu banyak kawan, sedangkan orang kaya banyak musuhnya

4. ilmu lebih istimewa dari pada harta. sebab, ilmu bila diinfakkan (diajarkan) akan semakin bertambah, sedangkan harta bila diinfakkan akan semakin berkurang.

5. ilmu lebih istimewa dari pada harta. sebab, orang berilmu dipanggil dengan sebutan mulia, sedangkan orang berharta dipanggil dengan sebutan hina.

6. ilmu lebih istimewa dari pada harta. sebab, ilmu tidak perlu dijaga sedangkan harta minta dijaga.

7. ilmu lebih istimewa dari pada harta. sebab, orang berilmu dihari kiamat akan diberi syafaat, sedangkan orang berharta dihari kiamat akan dihisab dengan berat.

8. ilmu lebih istimewa dari pada harta. sebab, ilmu dibiarkan saja tidak akan pernah rusak, sedangkan harta dibiarkan pasti berkurang (bahkan bisa habis karena untuk makan )

9. ilmu lebih istimewa dari pada harta. sebab,ilmu memberikan penerangan dihati. sedangkan harta dapat memberikan kerusakan dalam hati ( seperti menimbulkan sifat takabur, pamer, dan kufur nkmat )

10. ilmu lebih istimewa dari harta. sebab, orang berilmu bersikap lemah lembut dan selalu berbakti kepada allah, sedangkan orang berharta sering memiliki sifat takabur dan ingkar kepada allah swt.



sumber : buku mutiara hikmah pembangun jiwa




Tidak ada komentar:

Posting Komentar