Senin, 14 Maret 2011

Antara Indonesia dan Jepang


Seperti yang kita ketahui pendidikan di Indonesia dari dulu sampai sekarang belum ada perubahan. Apakah itu sekolah yang rusak, biaya yang mahal atau fasilitas yang kurang memadai. Entah kenapa padahal menurut saya Indonesia juga tidak kalah hebatnya dengan negara – negara lain. Banyak kok anak –anak bangsa membawa nama Indonesia ke jenjang dunia.
Seharusnya pemerintah harus bersikap gesit dan cekatan menangani masalah ini. 

Kita bisa lihat perbandingan sekolah di Indonesia dengan Jepang.
Di Indonesia keadaan rbangunan dan ruang kelas jenjang SMP sangat standar. Bahkan masih banyak sekolah – sekolah lain yang di bawah standar. Keadaan ini sangat memprihatinkan. Umumnya di Jepang sama dengan ruang kelas sekolah di Indonesia bedanya dalam kelengkapan meja dan kursi dirancang khusus agar praktis untuk berbagai keperluan. Misalnya meja – meja bagian kiri dan kanannya dilengkapi kaitan untuk menggantungkan tas. Selain itu meja dan kursi mudah digeser, bilamana lantai ruang kelas akan diubah fungsi menjadi lapangan mini untuk simulasi atau permainan. Selain itu siswa juga dapat membersihkan lantai dengan mudah.

Kemudian di pintu masuk sekolah juga terdapat loker tempat penyimpanan sepatu. Guru dan siswa yang akan masuk ke sekolah harus menukar sepatu miliknya dengan sepatu khusus miliknya masing – masing yang ada di loker. Fasilitas lain di dalam kelas adalah pengumuman dan loker. Loker kecil untuk penyimpanan barang – barang dan loker bear untuk menyimpan alat – alat kebersihan.

Khusus untuk daearah berhawa dingin di bagian utara Jepang di lengkapai alat penghangat ruangan. Umumnya sekolah di Indonesia dengan di Jepang sama, memiliki halaman, tanaman dan fasilitas belajar. Untuk seragam umum di Indonesia memakai seragam lengan pendek (untuk wanita) dan lengan pendek dan celana (untuk laki – laki) dan seragam lengan panjang+rok lengan panjang ditambah dengan jilbab (untuk perempuan berjilbab..
Beda halnya dengan di Jepang, ada 2 seragam umum, pemakaiannya disesuaikan dengan musim. Seragam musim panas (biasanya lengan pendek) dan seragam musim dingin (biasanya kemeja lengan panjang dan jas).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar