Jumat, 01 April 2011

gangguan pendengaran



Ada beberapa penyebab gangguan pendengaran yang bias dialami seseorang. Penyebab ini bias bermula pada pra lingual ( masa ketika anak beum bisa berbahasa. Dan post lingual ( masa ketika anak, remaja,  atau lanjut usia telah menguasai bahasa).

Pemicu gangguan pendengaran lain pada masa pra lingual, antara lain turunan (genetika) atau herediter, kehamilan atau kelahiran yang beresiko tinggi, infeksi virus TORCHS (Toksoplasma , rubella, cytomegalovirus, hepes dan shipilis), ibu hamil dalam trimester pertama terkena malaria, hingga kelahiran yang belum genap bulan.

Adapun gangguan pendengaran pada post lingual dapat disebabkan antara lain infeksi telinga, batuk pilek berkepanjangan dan tak terobati dengan baik dan tuntas, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), malaria, rubella, congek, suara bising, proses penuaan, dll.

Apabila anda mengeluhkan fungsi pendengran seperti telinga sakit, terasa penuh berdebging atau pendengaran terasa berkurang maka segera periksa ke dokter THT. Selain itu ada juga alat untuk membantu pendengaran yaitu alat bantu dengar .

Kita hidup harus sehat, maka dari itu jangan remehkan penyakit. Segeralah periksa ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar