Kamis, 07 April 2011

Kontrol Nafsu Makan, Buat Tubuh Berkeringat

Mau bentuk tubuh ideal? Kurangi kalori, maka bobot tubuh Anda akan berkurang. Dua kalimat ini terdengar mudah, tapi sebenarnya sangat sulit dilakukan. Untuk mengurangi kalori, Anda pun harus mengurangi porsi makan.

Masalahnya, keinginan untuk makan atau ngemil seringkali tak bisa terbendung dan menyebabkan pola diet gagal. Penyebabnya, saat mencium aroma masakan, perut akan mulai memproduksi lebih banyak hormon lapar yang memaksa kita ingin makan, dan makan terus.

Menahan hasrat untuk makan memang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Cobalah beberapa tips ini, yang bisa mengontrol keinginan Anda untuk makan banyak.

1. Makan Kentang Rebus
Zat tepung yang terkandung dalam kentang bisa menghilangkan nafsu makan. Kentang juga memiliki karbohidrat kompleks yang butuh waktu lama untuk diserap tubuh, sehingga berada dalam usus lebih lama dan menghambat rasa lapar. Ahli nutrisi dari University of Utah, seperti dikutip dari ourvanity, menyarankan untuk mengonsumsi kentang rebus atau kukus sebagai makan siang. Anda juga bisa menjadikannya campuran salad dengan dressing cuka apel.

2. Buat Tubuh Berkeringat
Buatlah tubuh mengeluarkan keringat agar nafsu makan berkurang. Aerobik, merupakan latihan yang efektif menurunkan tingkat ghrelin --hormon yang menimbulkan rasa lapar-- sekaligus menaikkan hormon yang menahan rasa lapar dalam tubuh.

"Anda hanya memerlukan latihan aerobik selama satu jam untuk menahan nafsu makan hingga dua jam. Hasilnya akan lebih optimal jika Anda menambahkan beberapa gerakan di sela-sela latihan," ujar David Stensel, Ph.D.

3. Kunyah Permen Karet
Gerakan mengunyah bisa menstimulasi saraf di area rahang yang terhubung ke bagian otak, yang bertanggungjawab menghantarkan rasa kenyang. Dengan mengunyah, otomatis Anda akan merasa kenyang. Selain itu, mengunyah permen karet bebas gula juga bisa membakar 11 kalori dalam satu jam. Tak banyak memang, tapi cukup membantu Anda mengurangi berat tubuh.

4. Menghirup Aroma Tertentu
Sebuah studi menemukan, aroma peppermint bisa menekan nafsu makan, dan orang yang menghirupnya setiap dua jam mengonsumsi 2.700 kalori lebih sedikit dalam satu minggu. Aroma pisang, apel hijau dan vanilla juga mempunyai efek yang sama. Semakin sering Anda menghirup aroma-arom tersebut, semakin banyak juga berat tubuh yang hilang. Simpan parfum atau lilin beraroma di lemari, dan gunakan saat nafsu makan mulai menggila.
 
 
 
 
 
sumber : http://www.wolipop.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar