Sabtu, 09 April 2011

Walnut si Kacang Super!



Walnut si Kacang Super!
Foto: http://beaut.ie Jakarta - Ingin menghindari kanker dengan cara yang sederhana? Cukup makan kacang ini. Bentuknya bergelombang tak teratur. Rasanya gurih renyah. Kacang yang satu ini punya sejumlah khasiat hebat yang belum banyak dikenal. Apa saja khasiatnya?

Kini banyak bermunculan makanan dan minuman yang mengandung antioksidan, entah memang benar demikian atau hanya strategi pemasaran. Meskipun begitu, Anda bisa mendapatkan asupan makanan yang mengandung antioksidan dari kacang-kacangan seperti walnut. Diantara sekian banyak jenis kacang yang ada, walnut adalah salah satu  jenis kacang yang dapat membantu tubuh melawan kanker, sakit jantung, hingga penuaan.

Penelitian Joe Vinson, seorang profesor di Scranton Univesity, seperti dilansir the American Chemical Society, menemukan bahwa dalam satu gram walnut mengandung 70 unit senyawa polyphenol. Antioksidan ini lebih tinggi dibandingkan jenis kacang lainnya. Polyphenol juga 15 kali lebih besar manfaatnya jika dibandingkan dengan sumber vitamin E lainnya.

"Dua puluh delapan gram walnut mengandung antioksidan lebih dari rata-rata yang didapat seseorang yang sudah memakan buah dan sayur dalam jumlah yang besar," ujar Vinson.

Hal ini bukan berarti harus menggantikan bayam dan apel untuk semagkuk walnut, karena bayam dan apel juga mengandung antioksidan. Namun, walnut bisa membantu  memenuhi kebutuhan vitamin E sekaligus antioksidan yang dibutuhkan sehari-hari jika tidak bisa didapat dari makanan lain.

Meskipun kacang sangat baik, namun tidak semua orang sudah memahami arti pentingnya. Karena sebagian dari mereka menghindari kacang karena takut akan kalori dan juga lemaknya yang tinggi. Kenyataannya, lemak yang terdapat pada kacang adalah lemak tak jenuh yang tidak membahayakan jantung dan  tidak meningkatkan kolesterol. Kacang juga rendah karbohidrat, sehingga bisa menyeimbangkan program diet Anda tanpa harus merasa kelaparan.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan walnut, Anda bisa menggantinya dengan pistachio, almond, pecan, macadamia, kenari,  dan juga kacang Brazil. Pastikan salah satu jenis kacang tadi masuk ke dalam daftar menu atau camilan agar Anda bisa merasakan manfaat dari antioksidannya.
 
 
 
 
 
sumber : http://food.detik.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar