Senin, 04 April 2011

Awas, Gelombang Mikro Ponsel Sebabkan Tumor Otak

Soal efek buruk gelombang mikro dari ponsel memang masih menjadi perdebatan. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di kalangan universitas, dari Apeejay College of Engineering menemukan dampak paparan gelombang mikro dari ponsel dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko serangan tumor otak.

Dalam penelitian ini ditemukan, bahwa mereka yang menggunakan ponsel dalam waktu yang cukup lama juga memiliki risiko terserang glioma ganas juga neuromas akustik. "Kami menyimpulkan bahwa standar paparan gelombang mikro dari ponsel tidak aman untuk digunakan dalam jangka waktu panjang dan diperlukan penelitian mendalam mengenai hal ini," kata pimpinan penelitian, RB Dubey.

Penelitian lainnya yang dipimpin oleh Dr Lennart Hardell menemukan risiko dari tumor otak akan meningkat seiring semakin seringnya seseorang menggunakan ponsel. Risiko tersebut juga berbanding lurus dengan lamanya penggunaan ponsel. Sedangkan pada anak-anak, gelombang mikro yang dihasilkan oleh ponsel akan memiliki efek yang lebih brutal terhadap otak.


sumber : Liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar