Sabtu, 09 April 2011

Stres Tidak Pengaruhi Kesuburan Wanita



Sebuah penelitian terbaru mengungkap hubungan stres dengan pengobatan masalah kesuburan wanita. Menurut studi terbaru, stres dan ketegangan tidak mengurangi keberhasilan pengobatan pada kesuburan wanita.

Seperti yang dikutip dari iVillage, peneliti di Inggris menganalisa data dari 14 studi yang melibatkan 3.583 wanita. Para wanita tersebut telah menjalani pengobatan kesuburan dan dinilai memiliki kecemasan berlebih sebelum memulai terapi.

"Temuan ini harus meyakinkan wanita bahwa gangguan emosi yang disebabkan oleh masalah kesuburan atau masalah kehidupan mereka lainnya, tidak akan mengubah kesempatan para wanita tersebut untuk hamil," ujar Jacky Boivin, profesor School of Psychology at Cardiff University, Inggris.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa banyak wanita yang percaya bahwa gangguan emosi dapat mengurangi kesempatan mereka untuk menjadi hamil secara alami. Mereka juga berpikir bahwa stres juga pengaruhi keberhasilan pengobatan masalah kesuburan. Namun para peneliti mengatakan berdasarkan bukti yang ditemukan bahwa anggapan tersebut salah dan hanya mitos.

Dilansir sciencedaily, hal yang justru bisa mengganggu kesuburan wanita adalah jika mereka berolahraga terlalu keras. Sebuah studi tentang olahraga dilakukan NTNU, Norwegia yang melibatkan 3 ribu wanita tersebut, menyimpulkan bahwa olahraga terlalu keras dapat mengganggu kesuburan.





sumber : wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar