Kamis, 07 April 2011

selangkah menuju final

Selebrasi gol dari dua pemain Barcelona, Xavi (kanan) dan Dani Alves ketika mengalahkan Shakhtar Donetsk 5-1 dalam leg pertama perempat final Liga




Barcelona memperlebar kans lolos ke babak semifinal Liga Champions usai menghancurkan Shakhtar Donetsk 5-1 pada leg pertama babak perempat final di Nou Camp, Rabu (6/4) atau Kamis dini hari WIB. Lima gol Barca dipersembahkan masing-masing oleh Andres Iniesta, Daniel Alves, Gerard Pique, Seydou Keita, dan Xavi Hernandez.

Kembali diperkuat Lionel Messi sejak menit pertama, mesin permainan Barca dapat dikatakan juga kembali berjalan normal setelah Xavi dapat bermain. Sergio Busquets yang turun ke lini belakang untuk menemani Pique juga tidak mengurangi kuatnya pertahanan Barca yang dibangun kolektif.

Pesta gol Barca yang bermain dominan dibuka hanya selang dua menit dari kick-off babak pertama. Berawal dari serangan yang dibangun kerjasama antara Messi dan David Villa, bola liar dengan tenang dikonversi menjadi gol oleh Iniesta. Bola tendangan gelandang Timnas Spanyol ini tak bisa dijangkau kiper Shakhtar Andriy Pyatov. Barca unggul 1-0.

Tidak ada perlawanan berarti dari Shakhtar. Keunggulan Barca digandakan Alves melalui sepakannya pada menit ke-34. Barca unggul 2-0 dan kedudukan tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Pasukan asuhan Pep Guardiola tetap mengendalikan jalannya permainan di paruh kedua. Delapan menit selepas turun minum atau menit ke-53, Pigue mempersembahkan gol untuk membawa Barca memimpin 3-0. Shakhtar sempat memperkecil ketinggalan pada menit ke-60 lewat aksi Rakitskiy yang meneruskan tendangan bebas Darijo Srna, namun satu menit kemudian Keita mengembalikan Barca memimpin tiga gol. Barca 4, Shakhtar 1.

Xavi tak mau ketinggalan turut menyumbang gol. Gol di menit ke-86 itu menjadi penutup pesta gol Barca yang menggulung Shakhtar 5-1. Kemenangan ini menjadi modal penting sebelum melawat ke markas Shakhtar di Donbass Arena, Ukraina, pada leg penentuan sebelum mencapai babak empat besar.

Susunan pemain:
Barcelona: Valdes, Daniel Alves, Pique, Busquets, Adriano Correia (Maxwell 77), Xavi, Mascherano, Keita, Villa (Pedro 70), Iniesta (kk) (Afellay 90), Messi.
Shakhtar Donetsk: Pyatov, Srna, Ischenko, Rakitskiy (kk), Rat (kk), Hubschman (Eduardo 82), Mkhitaryan, Douglas Costa, Jadson (Fernandinho 70 (kk)), Willian (Alex Teixeira 75), Luiz Adriano.
Wasit: Craig Thomson (Skotlandia).
 
 
 
 
 
sumber : liputan6.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar